Selasa, 26 April 2011

Review Suzuki Splash

Suzuki Splash memiliki dimensi panjang 3.715 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.618 mm. Terbilang besar untuk ukuran city car. Alhasil akomodasi kabin dan bagasi Suzuki Splash masuk dalam kategori memadai. Ruang kaki dan kepala lega. Bangku belakang 60:40 cukup nyaman diduduki dan sandarannya mudah dilipat ke depan. Bagasinya pun layak untuk menemani aktivitas harian. 
 
Memang tingkat kepraktisannya tidak sebaik i10. Namun kehadiran berbagai laci dengan proporsi ruang yang besar membuatnya bersahabat dengan pernak-pernik bawaan penumpang. 

Nuansa kabin Suzuki Splash juga tidak bisa dipandang remeh. Memang urusan taste tergantung selera. Tapi aroma sporty dengan takometer terpisah ala mobil balap cukup mengundang daya tarik. Panel instrumen besar dengan spidometer sebagai point of interest mudah dibaca dan memperkuat kesan sporty. 

Kenyamanan Suzuki Splash layak diacungi jempol. Bantingan suspensi saat menyentuh lubang terasa empuk. Begitu juga saat menerjang jalan bergelombang. Kinerja suspensi semakin tertolong oleh wheelbase mencapai 2.360 mm. 

Dan asyiknya, pengendalian Suzuki Splash berada dalam level bagus. Ia cukup mampu mengikuti kemauan pengemudi. Memang potensi limbung mudah terdeteksi akibat postur tubuh tinggi, namun masih dalam batas toleransi. 

Semakin menggairahkan karena performa Suzuki Splash tidak bisa dipandang sebelah mata. Bermodalkan mesin 1.197 cc 4 silinder 86 dk, Splash lincah berkelit di tengah kepadatan jalan. Transmisi 5-speed manual dengan tuas mudah dijangkau sanggup mentransfer tenaga dengan mulus. 

Pemilik kendaraan di segmen ini umumnya adalah kaum muda yang butuh eksistensi diri. Bagi mereka tampil beda menjadi sebuah kebutuhan. Suzuki Splash paham dengan memberikan wajah depan menarik. Sepintas jika diperhatikan mirip Suzuki Swift ditinggikan. 

Kesan berbeda semakin tercium dari desain pilar C yang unik, mirip bumerang milik suku Aborigin. Bumper belakang tebal mampu menarik perhatian. Sayang ketidakhadiran wiper belakang terasa mengganggu untuk mobil ‘tanpa buntut’. 

Produk made in India ini mengandalkan harga kompetitif dengan berbagai keunggulan dan unsur fun to drive sebagai faktor pemikat utama. Mampukah Suzuki Splash menjadi yang terbaik? 

Poin utama

1. Desain eksterior
Proporsi tubuhnya unik dengan dimensi lebih besar dari city car kebanyakan. Untuk Anda yang ingin tampil beda, desain moncong Splash mampu membuat orang menoleh sejenak, apalagi ditambah bagian belakang nyeleneh ala bumerang. Belum lagi pelek alloy 15 inci membuatnya semakin mentereng.

2. Mesin
Dengan menaikkan kapasitas mesin 100 cc lebih tinggi dari city car lain membuat Splash unggul saat beradu kencang. Selain itu, torsi 113 Nm membuatnya lincah saat berhadapan dengan kepadatan lalu lintas. Tak heran jika konsumsi bahan bakar Splash berada di level memadai.

3. Fun to drive
Beberapa hal membuat sebuah kendaraan layak menyandang gelar fun to drive, di antaranya kenyamanan. Untuk hal ini Splash tidak perlu diragukan. Asyiknya, keliatan pengendalian Splash mampu mengimbangi. Untuk pemilik dengan jam terbang tinggi karena tinggal di daerah pinggir kota, dua faktor di atas berikut keandalan mesin patut diperhitungkan.
[sumber]Autobild

Tidak ada komentar:

Posting Komentar